Monday, July 22, 2013

Pabrik Gula Kalibagor Sekarang


Masa keemasan Gula dari Jawa memang sudah berahir 80 an tahun yang lalu, ketika krisis ekonomi dunia melanda akibat perang dunia pertama (WW I), dimana Gula dari Jawa tidak bisa di distribusikan ke Eropa dan akhirnya Sindikat pabrik gula yang berpusat di Surabaya menutup ratusan pabrik gula di Jawa. 

Sama dengan yang terjadi di Banyumas, 5 dari 6 pabrik gula di Banyumas di tutup kecuali pabrik gula Kalibagor. Aset pabrik gula Bodjong (Bojong), Klampok dan Poerwokerto (Purwokerto) di merjer ke pabrik gula Kalibagor. Pada masa penjajahan Jepang pabrik gula Kalibagor sempat ditutup karena Jepang tidak membutuhkan gula untuk menyokong perang Pasifik.

Belum bisa di pastikan kapan pabrik gula ini beroprasi lagi setelah kemerdekaan namun yang pasti pabrik di kelola oleh PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX yang tutup secara resmi pada tahun 1997 karena perekonomian Indonesia yang memburuk, dan di perparah lagi pada aksi penjarahan pada tahun 1998. Sehingga beberapa mesin, lokomotif dan lori diangkut ke pabrik gula yang lain.

Sepuluh tahun lebih dari penutupan pabrik, dan sekarang kepemilikan telah berpindah tangan ke tangan swasta. Dan bangunan seakan dibiarkan terlantar tak berpenghuni dan tak terawat. Berbekal foto, peta dan arsip lama maka kami team BHHC mengadakan penelusuran bangunan pabrik Gula Kalibagor dan perumahannya.

Penelusuran tahun 2003 
oleh Dr Ir Krisprantono dari UNIKA SOEGIJAPRANATA


banjoemas heritage
Rumah CA atau bagian pembibitan hingga pemanenan

banjoemas heritage
Bagian dari rumah diselatan pabrik yang rusak parah

banjoemas heritage
Bekas bangunan kantor pabrik gula

banjoemas heritage
Foto sisi utara pabrik

banjoemas heritage
Rumah di dalam kompleks perumahan yang tidak terawat lagi

banjoemas heritage
Bagian barat daya yang terlihat dari jalan raya

banjoemas heritage
Bagian depan pabrik gula Kalibagor

Penelusuran 27 Juni 2010
oleh Jatmiko W, Ronie, Fitri, Denny, HS dan Sigit

banjoemas heritage
Bangunan pabrik dari areal persawahan

banjoemas heritage
Bagian depan pabrik dari dekat

banjoemas heritage
Bagian dalam pabrik yang tersisa

banjoemas heritage
Bagian dalam pabrik dengan atap yang tersisa

banjoemas heritage
Bagian utara pabrik

banjoemas heritage
Perumahan kepala pegawai CA

banjoemas heritage
Perumahan di depan pabrik gula

banjoemas heritage
Perumahan yang masih terawad di dalam kompleks

banjoemas heritage
Bangunan bekas kantor

banjoemas heritage
Bangunan yang tahun 2003 diatas masih kelihatan dan sekarang sudah tertutup semak

banjoemas heritage
Bangunan yang dijadikan rumah penjaga bekas pabrik

banjoemas heritage
Bagian utara pabrik dilihat dari belakang

banjoemas heritage
Bangunan depan pabrik dilihat dari jalan raya


Penelusuran 27 Juni 2013 
Team Jelajah Limited Pabrik Gula Kalibagor

banjoemas heritage

banjoemas heritage
dadasdasd

banjoemas heritage
Rumah CA sekarang sudah juga hampir tertutup semak

banjoemas heritage
Menurut saya (penulis) ini adalah bangunan yang asli dibangun dari awal

banjoemas heritage
Pabrik dilihat dari selatan

banjoemas heritage
Pabrik dilihat dari belakang bangunan bekas kantor

banjoemas heritage
Bagian utara pabrik dilihat dari belakang, sekarang penuh dengan lubang galian pencari besi tua

Pada 13 Mei 2012 dan 27 Juni 2013 juga menelusuri kerkhof yang berada di belakang pabrik, namun foto2 tidak saya tampilkan tapi akan di tampilkan pada artikel sendiri.

Terimakasih pada:
Dr Ir Krisprantono
Denny Suwandi 
Ike Mayasari
Team Fotografi PG Kalibagor  I
Team Jelajah Limited PG Kalibagor
Warga lingkungan pabrik
Penjaga pabrik

22 comments:

cihui said...

Bagus sekali foto2nya dan sayang sekali kondisinya.Yang saya ingat,kecuali kawanku Anwar Hadja anak pegawai pabrik gula Kalibagor,saya juga masuk ke dalam pabrik yang sedang giling tebu untuk membuat tugas tulisan ilmiah di SMA N 2 Pwt, kejadiannya rasanya di tahun 1966-1967 sebelum ujian akhir SMA.Rasanya serem naik ke lantai atasw tempat air tebu di uapkan ,diberi kapur dan gas belerang.Mesin2 uapnya mungkin buatan tahun 30-an.Saya yang orang Jl.kebutuh waktu itu sangat bangga dengan pabrik gula yang tertua di P.Jawa (katanya),sedangkan pabrik gula di Purwokerto (bekas Issola) waktu itu tinggal lori dan relnya saja.

cihui said...

Bagus sekali foto2nya dan sayang sekali kondisinya.Yang saya ingat,kecuali kawanku Anwar Hadja anak pegawai pabrik gula Kalibagor,saya juga masuk ke dalam pabrik yang sedang giling tebu untuk membuat tugas tulisan ilmiah di SMA N 2 Pwt, kejadiannya rasanya di tahun 1966-1967 sebelum ujian akhir SMA.Rasanya serem naik ke lantai atasw tempat air tebu di uapkan ,diberi kapur dan gas belerang.Mesin2 uapnya mungkin buatan tahun 30-an.Saya yang orang Jl.kebutuh waktu itu sangat bangga dengan pabrik gula yang tertua di P.Jawa (katanya),sedangkan pabrik gula di Purwokerto (bekas Issola) waktu itu tinggal lori dan relnya saja.

dwiana_n11@co.id said...

Fotonya bagus,jadi pengin pulang kampung mengenang masa kecilku nyolong tebu,sedikit mencicipi manisnya tebu Kalibagor semanis kejayaannya dulu

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.
THEFAKE said...

Ga akan pernah aku lupa tempat ini, 2010 lalu bareng istri ambil gambar disini oleh RONIE. Sangat suka BLOG ini

YUDHA BAGUS

Zaldy Aditia said...

KEREN BANGET..Alm. kakek saya kebetulan pensiunan karyawan PG Kalibagor, dan kediamannya di Desa Liang (belakang PG). Saya ingat waktu kecil sempat main di belakang pabrik dan makan tebu..ayo wong Banyumas, kerjasama bareng pemerintah setempat dan dokumentasikan seluruh peninggalan sejarah yang ada di wilayah Banyumas..

widityo said...

Mas pabrik gula yg di majenang namanya apa ya? Itudidaerah mana? Kebetulan istri sy orang majenang tp banyak yg ga tau Ada pabrik gula.
Terimakasih

Jatmiko W said...

Cihui & Dwiana_n11; Sebuah pengalaman yang menarik yang tidak lagi di lakukan oleh generasi sekarang.

Yudha Bagus; andapun membuat sejarah disana, siapa lagi yang lain?

Zaldy Aditia; libatkan diri anda juga mas, jangan tunggu pemerintah yang kayak polisi India hahaha, ditunggu karyanya di admin@banjoemas.com

Widityo; Pg Madjenang namanya, salah satu administraturnya pernah orang Tionghoa, mungkin berjalan hanya sebentar karena susahnya area untuk terhubung dengan rel SS.

Suswendi said...

Kalibagor menjadi rumah ke-2 saya skarang...trasa damai tinggal di kesejukan udara Pajerukan..
Tak jarang saya jogging by watching/taking picture pabrik2 di Kalibagor...

Suswendi said...

Foto-foto pabrik n kantor yang sama dengan foto-foto di atas..

https://www.facebook.com/Suswendi/media_set?set=a.10151309301344158.490023.665099157&type=3

toPHENX said...

Setahu saya bekas Pabrik Gula/Suikerfabriek Madjenang yang sekarang menjadi Stadion Wijayakusuma di Cigaru/Belakang Koramil

Endah Ayu Putriati said...

Mas, boleh minta link untuk kerkhof nya?

setiadi supratman said...

Seumur umur nembe weruh kue njerone pabrik gula n sekedar pengin nglurusna berita om, apa ea jere arep pernah dibangun mall nggo rita n kenapa kok ra sida n mbok ngrti um. Tulung mandan dijelaskan
adi, jakulon rw 4, nuwun

Ludi Bambang said...

Memang kenangan manis pada jaman masih remaja kalau sudah waktunya apa yang terjadi seperti krismon 1998 yang lalu ini sulit untuk dirasakan untuk kenangan manisnya di masa Remaja yang lalu seperti
kami pernah churhat sama teman sekolah yang rumahnya di lokasi Komplek Pabrik Gula ini , tapi kalau sudah terjadi setelah Th 1998 yang lalu ya selamat Tinggal kenangan yang lama dalam masa tempo remaja ini

putra banyumas said...

sayangnya pemerintah kurang peduli coba di rehab dijadikan musium di jadikan selah satu sejarah banyumas....

Anonymous said...

Mari dokumentasikan semua jejak-jejak Kabupaten Banyumas,.

ridone peradaizu said...

hari minggu lalu saya ke kalibagor bersama bapak saya mengunjungi saudara disana. melewati bangunan tua bekas pabrik gula. Indah banget bangunanya. andai bangunan tsb terawat dengan baik, bisa jadi tempat wisata. dan dahulu bapak saya seorang penjahit didekat pabrik,

FAKIHTA RAKHMAN IHAS said...

mantap selama ini selalu melewati dan hanya melihat dari pinggir jalan,baru kali ini saya lihat sampai dalam gedungnya wlw cuma lewat foto..
nice pic gaaan,,,,lanjutkan....

glory said...

mantepp kerenn bgt pada djaja nya.... kalo diceritain sisi mistis lebih seru kaynya

Bodine Body said...

Jaman nalika semana nyong dadi kemutan dong teksih cilik nyolong tebu nang lori" sing lagi pada dilangsirna nang sepur diesel utawa loco... kebeneran nyong tinggale nang Jatisari mburi Polsek Kalibagor... sayang banget saiki wis langka maninng kur genti kengan tok... apa maning kustine utama (cerobong asap) ya wis dirubuhna.. dadi ikon pabrik gulane wis kaya ilang...

angga wibowo said...

Jan aq ya sedih,tp kepriwe maning yah...??
Ya pangapurane aq karo batirku bisane mung mbersihi kuburane mbah engkuk tok,mbok ana sing arep mbantu matrial go ndandani kuburane edward cook's jr ya aku karo batirku maturnuwun bgt...
Rt 9/2 kalibagor grumbul jengkonang

Anonymous said...

Mas Jatmiko, saya boleh minta email mas tidak? saya mau bikin skripsi tentang pabrik gula kalibagor. Saya mau nanya-nanya

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda !
Jangan lupa tinggalkan Nama dan alamat emailnya
Gunakan C-BOX di sidebar untuk komentar umum