Thursday, August 4, 2011

Residentwoning Poerwokerto

Gedung ini adalah rumah tempat tinggal Residen Banyumas di Purwokerto, dahulu adalah sebuah gedung mewah dan megah. Gedung ini di buat setelah adanya keputusan bahwa ibukota Banjoemas pada waktu itu akan di pindah ke Purwokerto pada tanggal Gedung ini di rancang oleh seorang Insinyur dari Belanda bernama IR. Breuning, Hubert Albert, beliau lahir di Den Haag pada 04  desember 1901 dan meninggal di Haarlem, 13 Agustus 1995.
Banjoemas Heritage
Tampak Depan

Banjoemas Heritage
Tampak Samping Depan

Banjoemas Heritage
Tampak Belakang

Banjoemas Heritage
Denah rancangan Residentwoning

Banjoemas Heritage
Peta Belanda tahun 1944

Biografi IR. Breuning, Hubert Albert

Banjoemas Heritage
IR. Breuning, Hubert Albert

Ia masuk pendidikan di TH Delft, pada Jurusan Arsitektur, ia lulus pada tahun 1926. Dia kemudian bekerja dua tahun di Kantor A.A. Kok, dan kantor baru Joh. Enschede di Haarlem. Breuning kemudian pergi ke Hindia Belanda. Dia memulai karirnya dengan posisi Engineering Services untuk Tanah dan Bangunan , di mana ia tetap aktif sampai 1942. Pada tahun 1928 ia membangun terminal bandara di Bandung dan Andir Tjililitan di Batavia. Pada tahun-tahun 1930-1931 ia bekerja di kantor arsitektur di Gedung Departemen Pertanahan di Batavia, di Departemen Pekerjaan Umum Arsitektur dan bekerja sama arsitek oleh arsitek W. Lemei. Breuning ada di sana, bersama dengan arsitek W.B. Carmiggelt terlibat dalam pembangunan kantor Gubernur Jawa Timur Surabaya.

Pada periode 1931-1935 dia bekerja di resor Surabaya. Pada 1931-1932 ia merancang renovasi Badan Kantor Pos, di bawah arsitek Lemei, Simpang, Surabaya. Akhir 1933 ia bekerja di kota sebagai penjabat kepala Perumahan Batavia. Ia membangun kota yang baru yaitu tempat penjagalan kerbau, sapi dan domba. Pada tahun 1935 ia mendapat izin untuk cuaca Eropa di India pada tahun 1936 untuk kembali, ia pergi ke Bandung dengan Departemen Transportasi, Pekerjaan Umum (nama baru untuk Departemen Arsitektur Pekerjaan Umum). Ketika ia merancang bangunan stasiun untuk Bandara  Kemajoran. Pada tahun 1936 ia pergi cuti ke Belanda. Dan pada tahun 1936 ia merancang kantor Bank Tabungan Pos di Makassar.

Dari tahun 1937 sampai 1941 ia bekerja di markas Dinas Tanah Bangunan di tahun-tahun 1941-1942 ia adalah kepala dari subdivisi Bangunan Nasional, Departemen Perhubungan pada tahun 1946 ia kembali ke Belanda dan satu tahun kemudian ia menjadi kepala Departemen Arsitektur Pekerjaan Umum dan arsitek kota kemudian di Haarlem. Dia meninggal pada tahun 1995.

11 comments:

zhie-zha said...

Bagus mas miko, saran aja buat masukan, lebih bagus lagi ditambah foto keadaan sekarang, ga hanya rumah ini tapi yang lainnya juga.... thanks.....

Jatmiko W said...

zhie-zha, terimakasih sarannya kita sedang mengusahakannya mas karena sudah banyak saran serupa, kadang saya bikin stok fotonya tapi lupa naruhnya dimana.

salam

subekti77 said...

selalu ingin masuk kedalam, dan melihat - lihat isi didalamnya,,
namun sampai saat ini masih berupa keinginan yang belum terlaksana,,

Jatmiko W said...

Kapan kita kesana, commen pertama dan beberapa lewat chat, minta foto bangunan ini yang sekarang ....

salam

adi wahyu w said...

Kalo tidak salah itu bangunan rumah jabatan bakorwil 3 sekarang ya yg di depan BI PWT...?

Jatmiko W said...

adi wahyu w, betul mas ku berencana kesana untuk mengambil gambar kondisi bangunan sekarang. terimasih kunjungannya ..

salam

zhainur said...

kalo mau kesana ngajak" mas :)

Jatmiko W said...

Zhainur bisa di atur, silahkan ke jatmikow@banjoemas.com biar bisa keep in touch

Kawan Hassan said...

menarik sekali. sy sebgai warga banjoemas ingin melihat beberapa bangunan bersedjarah lainnya. semoga website ini terus mampu menginformasikannya.

Adek S Riono said...

Terimakasih, Kawan Hassan terus dukung kami ya, dengan bersama sama berpartisipasi aktif dalam mempertahankan bangunan bersejarah dan warisan lainnya.

jalin atma said...

visit my site too
ST3 Telkom
and follow my social media instagram please :
Jalin Atma,,,

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda !
Jangan lupa tinggalkan Nama dan alamat emailnya
Gunakan C-BOX di sidebar untuk komentar umum