Saturday, January 1, 2011

BANJOEMAS HISTORY HERITAGE COMMUNITY

- Apa BHHC -

Adalah sebuah Komunitas Cinta Sejarah dan Peninggalan Bersejarah di wilayah eks. Karsidenan Banjoemas (Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap). Komunitas Nirlaba ini bertujuan untuk membangun kembali ingatan Sejarah komunitas, masyarakat di wilayah eks. Karsidenan Banjoemas dan lebih luas lagi sehingga terbentuk generasi cinta sejarah sebagai perwujudan rasa Nasionalisme Indonesia.

Berdiri 11 November 2011 di Purwokerto, didirikan oleh Jatmiko W, Hilmy Nugraha, M Risky, Mahbub, Irwan yang merupakan kumpulan dari follower banjoemas.com yang di gagas oleh Jatmiko W. Wilayah cakupan komunitas adalah Banyumas Raya atau eks Karsidenan Banyumas, karena sejarah lokal Banyumas, Purbalingga, Banjarnegara dan Cilacap adalah satu kesatuan dan jika di pisah-pisahkan menurut region Kabupaten akan terasa janggal.

- Visi dan Misi -

Visi BHHC adalah membangun kesadaran sejarah masyarakat Indonesia sehingga tercipta masyarakat yang memilki rasa nasionalisme dan patriotisme terhadap Negara Kesatuan Indonesia.

Misi BHHC adalah membangun informasi dan edukasi kesejarahan melalui program-program kegiatan yang kreatif dan rekreatif.
1. Media informasi kesejarahan dan peninggalan yang informatif dan mendidik melalui www.banjoemas.com sehingga masyarakat luas dapat mempelajari dan menarik kesimpulan analisis dan kritis.
2. Kegiatan rekreasi ketempat bersejarah dan museum sehingga pemahaman sejarah mudah di serap dan diingat
3. Kegiatan edukasi sederhana yang menyenangkan dan menghibur.

- Kegiatan BHHC -

Kegiatan yang dilakukan adalah membangun media informasi dan edukasi kesejarahan lokal melalui kegiatan kreatif dan rekreatif.
1. webloging dengan membangun media informasi global tentang kesejarahan dan peningalannya dengan bentuk yang informatif dan mendidik melalui media weblog www.banjoemas.com, sehingga masyarakat luas bisa mempelajari, memahami dan menarik kesimpulan analisis dan kritis dari manapun berada.
2. Mlusuk atau kegiatan rekreasi sejarah dimana masyarakat dibawa langsung ke tempat bersejarah bangunan, monumen dan museum sehingga proses pemahaman sejarah dapat diserep dan diingat secara mudah. Seperti kegiatan penjelajahan situs-situs sejarah, wisata ke museum, penelusuran rel kereta dan rel lori, Pameran
3. Pameran Indoor dan Outdoor tentang sejarah lokal Banyumas dengan disisipi aksi simpatis cinta sejarah dan pelestarian peninggalannya.
4. Diskusi, sharing, mencari, menggali dan dokumentasi sumber-sumber sejarah lokal dan mengangkatnya dengan tujuan untuk pelestarian dan mengangkat sejarah lokal
5. Memetakan lokasi - lokasi bersejarah, bangunan Cagar Budaya sesuai dengan UU no 11 tahun 2011 mengenai Bangunan Cagar Budaya dan kriteria sesuai analias BHHC.

- Keanggotaan BHHC -

Keanggotaan komunitas bersifat bebas bertanggung jawab dan tidak mengikat, yang terbagi menjadi dua yaitu anggota Inti yang terdaftar secara aktif menyelenggarakan dan mengelola kegiatan kedalam dan keluar komunitas dan anggota reguler yang terdaftar sebagai follower dan terhubung dalam pertemanan di account facebook "banjoemas heritage".

- www.banjoemas.com -

Adalah media informasi, edukasi dan eksistensi Banjoemas History Heritage Community, yang memuat informasi berupa Sejarah, Babad, Penelusuran, Galeri, Info Ivent, Resensi, Download dan lainnya.

- Mitra Komunitas -

Dalam setiap kegiatan komunitas kami selalu memengajak berbagai pihak yang memiliki kepedulian dan penghargaan yang sama terhadap sejarah dan pelestarian peninggalan sejarahnya. Mereka yang turut serta dalam kegiatan, meliput, mendukung dan bekerjasama. Komunitas dan Media partner kami adalah Akademi Komunikasi Indonesia (AKINDO), Komunitas Historia Indonesia (KHI), Borobudur Youth Forum 2016, Jaringan Komunitas Sejarah Indonesia, Komunitas Rumah Tua Yogyakarta,  Komunitas Jelajah Budaya, Lensa Manual reg. Purwokerto, Komunitas SPOORLIMO, Komunitas Padang Ilalang, Komunitas Bloger Banyumas, Komunitas GUBUG, Komunitas Kamera Analog Purwokerto, Komunitas Kamera Lobang Jarum (KLJ) Purwokerto, Indonesian Steam Locomotive Community (ISLC), Komunitas Peduli Sepur Lori & Pabrik Gula Indonesia, Masyarakat Advokasi Warisan Budaya, Indonesian Heritage Trust (BPPI), Komunitas Sepeda Onthel Indonesia (KOSTI), Legion of Arts, Kota Tua Magelang, baturaden.info, Satelit Post, Radar Banyumas, Warta Jateng dan Kompasiana.com

Koordinator BHHC
Kota Purwokerto : Jatmiko W | jatmikow@bajoemas.com (
Kota Sokaraja | Kalibagor : Hilmy Nugraha | hilmy@banjoemas.com
Kota Banyumas : Irwan | irwan.tanpasyah.7@facebook.com
Kota Ajibarang : Mahbub |
Kota Purbalingga : Jatmiko W | jatmikow@bajoemas.com
Kota Purwareja Klampok : 
Kota Sumpyuh : Yohanes Dicky | 01yohanesdicky@gmail.com


email : admin@banjoemas.com
fb: banjoemas heritage
fb group: Banjoemas History & Heritage Community
twitter: @banjoemas

Jl. Langen 7 G.14 Puri Langen Estate
Baturraden Banyumas 53151





9 comments:

Graphic Design Education said...

gseenmore@yahoo.com

MI Al Falah Bulaksari said...

Koordinator dari Cilacap ko lm ada min.....

Ika melodicdrummer said...

salut buat kinerja mas jatmiko dan kawan2..

Anonymous said...

Dear teman-teman BHHC,

Perkenalkan saya Choky dari Prodigy PR Jakarta, bisa saya minta contact person untuk komunitas ini? karena saya mau mengundang teman-teman komunitas BHHC ke acara kami.

Terima kasih.

Regards,
Choky Halomoan

Jatmiko W said...

cp an Jatmiko W 082135220689

galih irfan said...

maaf mas saya bisa tanya2 tentang sejarah perkeretaapian di cilacap

Agung Widodo said...

maaf sebelumnya dan salam pada semua anggota komunitas banyumas, semoga kompak selalu. Bolehkah saya mengetahui silsilah Soewondo Glondong Kalidisel, kalo tidak salah seperti demikian ejaannya bila salah mohon dikoreksi. Terimakasih sebelumnya

Agung Widodo said...

agungsmileboy@Gmail.com atau agungdutatv@gmail.com, Terima Kasih

Agung Widodo said...

Mohon pencerahan sekiranya tiada merepotkan, juga bila berkenan dibagi sejarahnya. Juga apa hubungannya antara Adipati Wirasaba dengan Soewondo Glondong tersebut. Maturnuhun

Post a Comment

Silahkan isi komentar anda !
Jangan lupa tinggalkan Nama dan alamat emailnya
Gunakan C-BOX di sidebar untuk komentar umum